Blog

DAMPAK POSTIF PANDEMI COVID-19

Pada era pandemic saat ini, banyak orang yang dibuat stress, putus asa dikarenakan keadaan ekonomi yang menurun drastis. Banyak orang-orang yang di harus menerima pengurangan gaji, bahkan kehilangan pekerjaannya. Semua hal-hal terkait penurunan keadaan ekonomi menjadi masalah yang menjadi spotlight saat ini ditengah masyarakat. Hal-hal terkait pandemic selalu membawa kita kepada kondisi yang ber-impact negatif dan tanpa disadari bahwa sebenernya masih ada hal positif yang dapat kita ambil dari kejadian ini. Sebagaimana konsep filosofi Tionghoa “Yin dan Yang”, mendeskripsikan sifat kekuatan yang saling berhubungan dan berlawanan di dunia ini dan bagaimana mereka saling membangun satu sama lain.

Jika kita lihat saat ini, semenjak pandemi berlangsung, kesibukan seseorang menjadi tidak sepadat biasanya, waktu senggang masing-masing orang menjadi lebih banyak dari sebelumnya. Lalu sisi positif apa yang dapat kita ambil dari kejadian ini? Berikut beberapa hal positif yang bisa kita dapatkan dan rasakan:

1. Berkurangnya gaya hidup konsumtif

Syspro Implementor,Syspro Indonesia,ERP Indonesia,ERP Small Medium,ERP Implementor,Epicor Indonesia,Epicor Implementor,Financial Consolidation Software,Budget Planning Software,E-Budgeting,Small Medium ERP,Small Medium ERP Software,Small Medium ERP Implementor,ERP Implementation,Epicor Implementer,Epicor Implementation,Small Medium ERP Implementer,ERP Manufacturing Software,ERP for Manufacturing,ERP in Manufacturing,ERP for Manufacturing Industry,ERP for Distribution Industry,ERP Financial Software,ERP Financial Systems,ERP for Financial,ERP in Financial,ERP EPC Software,ERP EPC Systems,ERP for EPC Companies, Oracle EPC,Oracle ERP Indonesia,Oracle automotive,Oracle distribusi elektronik,Oracle distribusi medical devices,Oracle Elektronik,Oracle Industri Makanan Minuman,Oracle Logam Machinery,Oracle Make to Order,Oracle Metal Baja Besi Almunium,Oracle Plastik & Karet,Oracle Project base, Microsoft Dynamics ERP Indonesia,Microsoft Dynamics automotive,Microsoft Dynamics distribusi elektronik,Microsoft Dynamics distribusi medical devices,Microsoft Dynamics Elektronik,Microsoft Dynamics Industri Makanan Minuman,Microsoft Dynamics Logam Machinery,Microsoft Dynamics Make to Order,Microsoft Dynamics Metal Baja Besi Almunium,Microsoft Dynamics Plastik & Karet,Microsoft Dynamics Project base, Microsoft Dynamic EPC,Microsoft Dynamic ERP Indonesia,Microsoft Dynamic automotive,Microsoft Dynamic distribusi elektronik,Microsoft Dynamic distribusi medical devices,Microsoft Dynamic Elektronik,Microsoft Dynamic Industri Makanan Minuman,Microsoft Dynamic Logam Machinery,Microsoft Dynamic Make to Order,

Jika selama ini dengan pendapatan yang cukup dan stabil yang kita dapatkan setiap bulannya, tak jarang hal tersebut membuat kita menjadi pribadi yang konsumtif. Apa itu konsumtif ? Menurut Lestari (2006) “Konsumtif merupakan pola hidup individu atau masyarakat yang mempunyai keinginan untuk membeli atau menggunakan barang dan jasa yang kurang atau tidak dibutuhkan.” Tidak dipungkiri lagi dengan finansial yang tercukupi dan begitu mudahnya akses untuk membeli dan mendapatkan suatu barang saat ini menyebabkan gaya hidup kita menjadi konsumtif. Namun, dengan adanya pandemic ini, yang menyebabkan tidak stabilnya pendapatan yang kita terima atau hasilkan, menjadi salah satu faktor pengurang sifat konsumtif tersebut. Kita akan lebih berpikir dua kali untuk membeli dan memilah barang-barang apa yang memang dibutuhkan dan mana yang hanya diinginkan. Skala prioritas untuk membeli sesuatu pun berubah karena daya beli yang berkurang/ tidak sama lagi dengan sebelumnya.

2. Mendapat skill baru

software produksi distribusi medical devices,software produksi Elektronik,software produksi Industri Makanan Minuman,software produksi Logam Machinery,software produksi Make to Order,software produksi Metal Baja Besi Almunium,software produksi Plastik & Karet,software produksi Project base,software Project base,software Elektronik, software Industri Makanan Minuman,software Logam Machinery, software Make to Order,software Metal Baja Besi Almunium,software Plastik & Karet,software produksi EPC,software produksi ERP Indonesia,software produksi automotive,software produksi distribusi elektronik,QAD distribusi medical devices,QAD Elektronik,QAD Industri Makanan Minuman,QAD Logam Machinery,QAD Make to Order,QAD Metal Baja Besi Almunium,QAD Plastik & Karet,QAD Project base,SAP EPC,SAP ERP Indonesia,SAP automotive,SAP distribusi elektronik,SAP distribusi medical devices,SAP Elektronik,SAP Industri Makanan Minuman,SAP Logam Machinery,SAP Make to Order,SAP Metal Baja Besi Almunium,SAP Plastik & Karet,SAP Project base,software EPC,software ERP Indonesia,software Automotive,software distribusi elektronik,software distribusi medical devices,Metal Baja Besi Almunium Oracle,Metal Baja Besi Almunium QAD,Metal Baja Besi Almunium SAP,Plastik & Karet INFOR,Plastik & Karet Microsoft Dynamic,Plastik & Karet Oracle,Plastik & Karet QAD,Plastik & Karet SAP,Project base INFOR,Project base Microsoft Dynamic,Project base Oracle,Project base QAD,Project base SAP,

Dengan kesibukan pekerjaan yang selama ini menjadi rutinitas, membuat kita tidak ada waktu untuk menggali lebih tentang Self Potencies yang kita miliki. Seringnya kita tidak menyadari bahwa ada keahlian lain dalam diri kita yang dapat kita manfaatkan. Kegiatan di luar rumah yang dibatasi oleh pemerintah selama masa pandemic ini memberikan kita waktu lebih untuk menggali dan mengasah potensi diri. Lalu bagaimana caranya?

Mulai dengan mengetahui apa yang kita suka. Setelah itu, apakah kita menguasai hal yang kita sukai tersebut? Sejauh mana kita menguasainya? Apa manfaat yang dapat kita dapatkan? Rangkum semua itu dan buat prioritas berdasarkan manfaat yang kita dapatkan. Selanjutnya kita bisa langsung mengasah kemapuan kita agar dapat segera merasakan manfaatnya.
Contohnya, selama ini kita suka membuat design sesuatu, namun tidak ada waktu untuk mengembangkan skill yang kita punya. Saat seperti inilah saat yang tepat untuk kita menggali skill tersebut. Lalu manfaat apa yang bisa kita dapat secara finansial? Di era teknologi yang sudah canggih ini semua hal dapat kita lakukan dengan mudahnya. Kita dapat memasarkan design-design yang kita buat melalui social media untuk mendapat banyak peminat. Terlebih lagi saat ini digital marketing merupakan salah satu cara yang paling ampuh dalam menarik minat pembeli.

3. Gaya hidup sehat

distribusi medical devices SAP,Elektronik INFOR,Elektronik Microsoft Dynamic,Elektronik Oracle,Elektronik QAD,Elektronik SAP, Automotive SAP,distribusi elektronik INFOR,distribusi elektronik Microsoft Dynamic,distribusi elektronik Oracle,distribusi elektronik QAD,distribusi elektronik SAP,distribusi medical devices INFOR,distribusi medical devices Microsoft Dynamic,distribusi medical devices Oracle,distribusi medical devices QAD,EPC Engineering INFOR,Procurement and construction Microsoft Dynamic,EPC Oracle,EPC QAD,EPC SAP,ERP Indonesia INFOR,ERP Indonesia Microsoft Dynamic,ERP Indonesia Oracle,ERP Indonesia QAD,ERP Indonesia SAP,Automotive INFOR,Automotive Microsoft Dynamic,Automotive Oracle,Automotive QAD,
QAD EPC,QAD ERP Indonesia,QAD automotive,QAD distribusi elektronik,Industri Makanan Minuman INFOR,Industri Makanan Minuman Microsoft Dynamic,Industri Makanan Minuman Oracle,Industri Makanan Minuman QAD,Industri Makanan Minuman SAP,Logam Machinery INFOR,Logam Machinery Microsoft Dynamic,Logam Machinery Oracle,Logam Machinery QAD,Logam Machinery SAP,Make to Order INFOR,Make to Order Microsoft Dynamic,Make to Order Oracle,Make to Order QAD,Make to Order SAP,Metal Baja Besi Almunium INFOR,Metal Baja Besi Almunium Microsoft Dynamic

Tak jarang orang yang ingin memulai hidup sehat tapi terbentur karena keterbatasan waktu dan pengaruh lingkungan sekitar. Padatnya aktivitas kerja yang kita lakukan selama ini menjadi faktor untuk malas berolahraga, karena dirasa sudah banyak beraktifitas artinya kita sudah berolahraga. Tidak, anggapan itu salah besar.
Mengutip dari Kompas.com, aktivitas yang selama ini kita lakukan disebut dengan aktivitas fisik, sementara olahraga adalah bentuk khusus dari aktivitas fisik yang terencana dan sengaja dilakukan untuk menyehatkan badan. Contohnya adalah senam, renang, bersepeda, dan sebagainya.

Menurut David Bassett, Jr., PhD, profesor bagian studi waktu luang dan olahraga di Universitas Tennessee, kebanyakan aktivitas fisik dikategorikan ringan sampai moderat. Padahal, untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih besar, seperti kesehatan jantung, diperlukan aktivitas fisik yang berat. “Joging atau berlari punya manfaat yang baik untuk jantung dibanding berjalan santai,” katanya.

Maka dengan adanya pandemic ini, yang menyebabkan waktu luang kita lebih banyak dari biasanya juga dapat kita manfaatkan dengan berolahraga. Kita dapat melakukan oahraga untuk meningkatkan kesehatan kita yang selama ini sempat terabaikan karena kesibukan yang kita jalani.

Selain berolahraga, gaya hidup sehat lain yang dapat kita lakukan adalah dengan mengubah pola makan. Selama ini dengan begitu banyaknya kesibukan kita di kantor, meeting dengan client dan lain sebagainya menyebabkan makan menjadi hal nomor sekian yang dilakukan. Jangankan untuk memperharikan apa menu makan yang kita makan, jam makannya saja tidak beraturan.
Dengan pandemi yang memangkas waktu aktivitas kita, dapat kita manfaatkan dengan lebih memperhatikan kapan waktu makan dan apa yang kita makan.

Mengutip dari Halodoc.com, “Saat kamu tidak makan pada waktu yang konsisten setiap hari, hal itu dapat menyebabkan perut bekerja terlalu keras sehingga menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan. Sebaliknya, jika kamu makan yang terjadwal dengan baik setiap harinya, pencernaan pun berfungsi lebih baik”. Selain itu, asupan gizi seimbang adalah salah satu faktor penting yang berperan dalam menunjang kesehatan seseorang. Sekadar memenuhi rasa lapar, tidaklah cukup. Saat mengonsumsi makanan, gizi seimbang haruslah diperhatikan.

Jadi tunggu apalagi ? Ayo segera jadikan kondisi saat ini menjadi kondisi positif bagi kita!

Kontributor: Yuliana

Microsoft Dynamic Metal Baja Besi Almunium,Microsoft Dynamic Plastik & Karet,Microsoft Dynamic Project base, ERP EPC,ERP ERP Indonesia,ERP Automotive,ERP distribusi elektronik,ERP distribusi medical devices,ERP Elektronik,ERP Industri Makanan Minuman,ERP Logam Machinery,ERP Make to Order,ERP Metal Baja Besi Almunium,ERP Plastik & Karet,ERP Project base,INFOR EPC,INFOR ERP Indonesia,INFOR automotive,INFOR distribusi elektronik,INFOR distribusi medical devices,INFOR Elektronik,INFOR Industri Makanan Minuman,INFOR Logam Machinery,INFOR Make to Order,INFOR Metal Baja Besi Almunium,INFOR Plastik & Karet,INFOR Project base

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *