Kick-Off Ellipse Implementation PT Jhonlin Marine Lines (JML) & Financial Consolidation Implementation PT Jhonlin Group (JG)

Jhonlin Group (JG) merupakan grup perusahaan yang bergerak di berbagai bidang diantaranya pertambangan, transportasi udara, hingga infrastruktur & manufaktur. PT Jhonlin Marine Lines (JML), merupakan anak perusahaan PT Jhonlin Group (JG) yang bergerak di bidang jasa pertambangan di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Kegiatan usaha perusahaan ini meliputi Stevedoring, Forwarding, dan Marine Terminal Operator yang menunjang kegiatan operasional perusahaan yang tergabung dalam Jhonlin Group dan juga melayani perusahaan lain.

Target utama dari Implementasi Ellipse di JML adalah untuk menyeragamkan Chart of Account semua anak perusahaan di bawah Jhonlin Group sehingga lebih mempermudah proses pembuatan Laporan Konsolidasi Group Mining karena sudah memiliki struktur Chart of Account yang sama. Selain itu, agar Implementasi Ellipse di JML memiliki nilai tambah, maka perlu ditambahkan tujuan lain dari sekedar peyregaman Chart of Account. Implementasi Ellipse ini juga bertujuan untuk membangun suatu aplikasi yang seragam dan terintegrasi di JML, yang mencakup area Finance Accounting, Supply Chain, Operation & Maintenance, dan Human Resources.

Sebagai momentum awal pelaksanaan proyek, maka seluruh kegiatan secara resmi dimulai pada Jumat, 25 November 2016, dengan dilakukannya Kick-Off meeting. Kick-Off diresmikan oleh CEO PT Jhonlin Group, Bapak Ghimoyo, dan dihadiri oleh Project Sponsor (JG, JML dan RAK), Project Management (JG, JML dan RAK), Key User JG dan JML, Perwakilan IT JG, serta anggota team proyek. Dengan dimulainya proyek ini diharapkan anggota team proyek dari kedua pihak dapat bekerja secara bersinergi dan bekerja sama dengan baik demi tercapainya tujuan proyek secara optimal, yang meng-cover 2 (dua) kegiatan besar, yaitu:

  1. Ellipse Implementation at PT Jhonlin Marine Lines
  2. Financial Consolidation Imlpementation at PT Jhonlin Group

Kick off meeting merupakan rapat awal proyek dengan tujuan untuk menyamakan presepsi  diantara semua pihak yang terkait dengan pelaksanaan proyek, menyangkut prosedur dan teknis pelaksanaan proyek. Dalam Kick off meeting, semua hal yang berhubungan dengan tatacara pelaksanaan seperti prosedur komunikasi, perijinan, keselamatan kerja serta prosedure administrasi lainnya ditetapkan sebagai dasar bagi setiap komponen pelaksana proyek seperti pemilik proyek, pengelola proyek, kontraktor maupun sub-kontraktor untuk melaksanakan tugas dan perannya masing-masing. Sama seperti koor diatas, tanpa adanya dasar/presepsi yang sama, maka pelaksanaan proyek nantinya tidak akan berjalan dengan lancar.

 

Implementasi (Rollout) Ellipse ke anak perusahaan selama ini memerlukan waktu 5 bulan untuk sampai Go-Live, dan termasuk go-live support. Dengan target Go-Live pada awal Januari 2017 maka kesiapan & ketersediaan data yang dibutuhkan serta sumber daya manusia mencukupi untuk melakukan pembangunan dan verifikasi data serta melakukan upload data, merupakan suatu keharusan.

Dengan diterapkannya Ellipse maka JML akan menggunakan satu aplikasi ERP yang seragam dan terintegrasi sehingga proses operation monitoring dan proses cost control dapat dilakukan dengan lebih baik dan akurat.