Alasan Yang membuat seseorang tidak produktif dalam bekerja

Dalam bekerja pasti ada beberapa hal yang membuat diri kita jadi tidak bisa produktif, terlebih di masa pandemi seperti saat ini yang mengharuskan kita semua untuk bekerja dirumah/ WFH (Work From Home).

Dikesempatan kali ini, saya ingin menjelaskan tentang beberapa alasan yang menyebabkan seseorang menjadi tidak atau kurang produktif yang mungkin salah satu hal ini sedang kamu alami.

1.Tidak sesuai passion

Bisa jadi kamu merasa tidak bisa produktif karena memang pekerjaan yang kamu jalankan tidak sesuai dengan passion kamu. Akibatnya kamu mungkin bisa menyelesaikan pekerjaan, namun kamu tidak bahagia menjalankannya. Oleh karena itu, pilihlah jalur karier yang sesuai dengan passion kamu.

2. Distraksi/distraction

Terkadang saat sedang bekerja, ada saja distraksi yang datang mengganggu seperti notif whatsapp yang membuat kamu ingin membacanya, situasi ramai yang mungkin mengganggu kamu, dan cari ide/referensi disosmed yang berujung scroll berjam-jam. Jadi cobalah untuk lebih tegas dan disiplin dalam mengatur diri kamu

3. Tempat atau ruang kerja yang tidak nyaman

Tempat/ruang kerja yang tidak nyaman juga bisa menjadi hal yang dapat menghambat produktifitas diri kamu. Karena tempat kerja yang berantakan dan tidak tertata akan membuat hawa lingkungan yang negatif sehingga kamu tidak bisa produktif dalam bekerja. Jadi kamu bisa membersihkan ruang kerja kamu sebelum mulai bekerja.

4. Kurang tidur

Bukan hal yang mengagetkan lagi jika kurang tidur menjadi akar dari banyak masalah dalam kehidupan, termasuk dalam konteks produktifitas. Bekerja dengan kondiri kurang tidur akan membuat kita kehilangan focus dan membuat pekerjaan jadi terhambat. Biasakanlah tidur dengan porsi yang cukup agar bisa bekerja dengan lebih produktif.

5. Masalah pribadi yang belum terselesaikan

Setiap individu pastinya memiliki urusan pribadi diluar urusan pekerjaannya, seperti masalah keluarga, masalah dengan teman, masalah dengan pasangan, masalah ekonomi dan sebagainya. Hal ini dapat membuat kita yang seharusnya berfokus pada pekerjaan menjadi teralihkan dengan masalah pribadi yang pastinya akan mempengaruhi kinerja tim secara keseluruhan.  Meminta bantuan untuk masalah kamu mungkin bisa menjadi solusi agar tidak menghambat produktifitas kamu dalam bekerja.

Nah, bagaimana dengan poin-poin diatas, apakah ada yang sesuai dengan kondisimu saat ini?
Jika ia, segera perbaiki hal tersebut agar diri kamu bisa lebih produktif yang pastinya akan membawa efek positif pada kehidupan kamu.

Demikian informasi dari artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk teman-teman semua. Saya Muhammad Faris selaku Digital Marketer dari RAK mengucapkan terima kasih dan sampai bertemu dikesempatan berikutnya.
QAD ERP Indonesia QAD distribusi elektronik QAD distribusi medical devices QAD Elektronik QAD Logam Machinery QAD Plastik & Karet SAP distribusi elektronik SAP distribusi medical devices SAP Industri Makanan Minuman SAP Logam Machinery SAP Plastik & Karet ERP EPC ERP distribusi medical devices ERP Industri Makanan Minuman ERP Logam Machinery Microsoft Dynamic ERP Indonesia Microsoft Dynamic distribusi elektronik Microsoft Dynamic Logam Machinery Microsoft Dynamics distribusi medical devices Microsoft Dynamics Industri Makanan Minuman Microsoft Dynamics Plastik & Karet Oracle ERP Indonesia Oracle distribusi elektronik Oracle distribusi medical devices Oracle Logam Machinery Oracle Plastik & Karet Corporate Performance Management CPM Software
Cyber Defense Cyber Security EAM Implementation EAM Implementer IBM MAXIMO MAXIMO Implementation MAXIMO Implementer MAXIMO Indonesia

Kontributor : Muhammad Faris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *