Tips untuk meningkatkan skill Public Speaking

Pastinya untuk menjadi pembicara yang baik bukanlah suatu hal yang mudah. Namun bukan berati juga hal tersebut tidak bisa dipelajari. Berikut adalah beberapa tips untukmu yang ingin meningkatkan skill berbicara didepan banyak orang.


1. Percaya Diri

Berbicara didepan umum harus diimulai dari keyakinan dan keberanian. Gugup merupakan hal yang wajar terjadi pada saat berbicara didepan banyak orang. Namun kamu harus percaya diri bahwa kamulah yang paling mengerti tentang materi yang kamu bawakan, dibanding orang-orang lain diruangan tersebut.


2. Bicara Perlahan
Rasa gugup dapat membuat kamu kesulitan menyampaikan informasi dengan lancar. Karena rasa gugup dapat membuatmu cemas dan berbicara dengan cepat sehingga kamu melewatkan banyak poin penting yang seharusnya disampaikan. Cobalah untuk berbicara secara perlahan dengan artikulasi yang jelas agar para pendengar mudah memahami informasi tersebut.


3. Perhatikan Intonasi Suara
Meskipun tampak sepele, intonasi suara dapat mendorong ketertarikan dan keyakinan yang dimiliki pendengar. Kamu bisa menunjukan emosi dan perasaan kepada para pendengar. Hindari berbicara dengan suara datar karena hanya akan membuat pendengar merasa bosan dengan materimu.

4. Lakukan Kontak Mata

Hal ini penting dilakukan untuk meningkatkan kedekatan kamu sebagai pembicara dengan pada pendengarmu. Jika kamu merasa gugup menatap mata audience, cobalah untuk mengalihkan perhatianmu ke bagian dahi atau hidung. Menahan pandangan dalam waktu yang lama juga efektif untuk menghilangkan kegugupan dan meningkatkan fokusmu dalam menyampaikan materi.

5. Hindari Jeda
Merupakan hal yang normal saat kamu berbicara dan merasa bingung, kamu mengeluarkan suara jeda seperti “hmm”, “emm”, “aaa”. Namun alangkah lebih baiknya jika suara jeda diganti dengan hening.

6. Gunakan Bahasa Tubuh

Bahasa tubuh menggambarkan kesiapan dan kepercayaan dirimu. Melakukan hal ini juga dapat membuatmu lebih rileks sehingga kamu semakin nyaman saat meyampaikan materi. Agar perhatian audience tetap fokus terhadap apa yang kamu sampaikan, kamu bisa menambahkan sedikit gerakan tangan. Jangan ragu juga untuk menggunakan ekspresi wajah dengan intonasi suara yang tepat.


7. Jangan Terpaku pada kesalahan

Ketika kamu berbicara dan melakukan kesalahan, jangan panik dan cobalah untuk menutupi kesalahan tersebut. Jangan terpaku pada kesalahanmu, apalagi menunjukan rasa bersalahmu melalui ekspresi wajahmu. Selain dapat membuyarkan fokus, kepanikan hanya akan membuat semua audience menyadari kesalahan yang kamu buat.

Cobalah terapkan cara-cara diatas untuk mengasah skill Public Speakingmu. Dan yang paling utama adalah dengan terus mencoba untuk berbicara didepan banyak orang. Karena praktek adalah kunci utama untuk meningkatkan hal tersebut.

Kontributor : Muhammad Faris, Digital Marketing of PT Rajawali Adikarya

Implementor ERP di Indonesia Epicor Indonesia Epicor Implementer Epicor Implementation Ellipse ERP HRM Software Application HCM Software Application Syspro Implementer Syspro Indonesia Small Medium ERP Implementer General Construction Software EPC Software Application EPC QAD Distribusi elektronik Oracle Distribusi Elektronik QAD Distribusi elektronik SAP Distribusi medical devices SAP Industri Makanan Minuman Oracle Industri Makanan Minuman SAP QAD EPC QAD ERP Indonesia QAD distribusi elektronik QAD Elektronik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *