Cara Membuat Keputusan Dengan Tepat

Suatu keputusan yang tepat dapat membantumu untuk meraih tujuan yang diinginkan, mengurangi resiko dan konsekuensi negatif, membangun reputasi, serta dapat meningkatkan kepercayaan diri.
Berikut adalah beberapa tips untuk kamu dalam membuat keputusan yang tepat.

  • Kumpulkan Fakta Sebanyak-Banyaknya.



Kamu tidak dapat membuat keputusan hanya dengan mengandalkan informasi dari satu pihak. Terlebih bila hal tersebut sebatas pendapat tanpa didukung oleh fakta yang lebih kuat. Sebelum kamu mengambil keputusan penting, cobalah untuk mengumpulkan semua fakta dan informasi yang berkaitan terlebih dahulu. agar dapat membantumu mengurangi ketidakpastian dalam sebuah keputusan.

  • Terbuka Untuk Semua Kemungkinan



    Jangan menutup mata terhadap berbagai kemungkinan yang kamu temukan walaupun fakta itu tidak kamu sukai sekalipun. Keputusan yang dibuat atas dasar egoism pribadi hanya akan menyenangkan untuk sementara waktu.
  • Cari tahu dampak positif dan negatifnya

    Semua keputusan pasti akan memberikan dampak, baik itu negatif ataupun positif. Cobalah untuk mencari tahu hal tersebut dari setiap keputusan yang ada, lalu bandingkan mana kira-kira yang memberikan banyak keuntungan namun minim resikonya.

  • Bertukar Pandangan Dengan Orang Lain



    Salah satu hal yang bisa kamu coba sebelum mengambil sebuah keputusan adalah dengan cara meminta pendapat dan pandangan orang lain. Hal tersebut dapat menambah wawasan serta memperluas pandanganmu dalam pengambilan keputusan. Namun perlu diingat bahwa keputusan akhir tetap menjadi tanggung jawab diri kamu.

  • Buatlah Keputusan Saat Fokus

    Jangan sekali-sekali membuat keputusan saat kamu sedang tidak fokus atau letih. Karena dalam kondisi tersebut, pastinya keputusan yang kamu buat tidak akan bisa maksimal karena suatu pemikiran yang kompleks sangat membutuhkan perhatian dan kemampuan mengendalikan diri yang baik.

  • Lakukan Evaluasi Setelah Membuat Keputusan

  • Hal terakhir yang perlu kamu lakukan adalah mengevaluasi keputusan yang telah kamu ambil. Apakah keputusan tersebut membantumu mencapai tujuan ataupun memberikan hasil yang maksimal. Apabila tidak cobalah untuk mencari tahu factor-faktor yang menyebabkannya. Dengan Rutin melakukan hal tersebut, pastinya akan membantumu meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan dimasa mendatang.

    Implementor ERP di Indonesia Epicor Indonesia Epicor Implementer Epicor Implementation SAP distribusi elektronik SAP distribusi medical devices SAP Industri Makanan Minuman SAP Logam Machinery ERP distribusi medical devices ERP Logam Machinery Microsoft Dynamic distribusi elektronik Microsoft Dynamics Industri Makanan Minuman Oracle distribusi elektronik Oracle distribusi medical devices Oracle Logam Machinery Financial Planing & Budgeting Software Financial Budget Planing Application Financial Consolidation Software Financial Consolidation Application EAM Implementation EAM Implementer MAXIMO Implementation MAXIMO Implementer

    Kontributor : Muhammad Faris, Digital Marketing of PT Rajawali Adikarya

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *