News

Kick Off Implementasi Sistem Aplikasi Konsolidasi Laporan Keuangan PT.PLN (Persero) Menggunakan Aplikasi MAXICO

Kick Off Implementasi Sistem Aplikasi Konsolidasi Laporan Keuangan PT. PLN (Persero) Menggunakan Aplikasi MAXICO.

Perusahaan Listrik Negara (disingkat PLN) atau nama resminya adalah PT. PLN (Persero) adalah sebuah BUMN yang mengurusi semua aspek kelistrikan yang ada di Indonesia. PT PLN (Persero) adalah perusahaan milik negara yang bergerak di bidang ketenagalistrikan baik dari mulai mengoperasikan pembangkit listrik sampai dengan melakukan transmisi kepada masyarakat di seluruh wilayah Indonesia. Saat ini dibawah PT. PLN (Persero) terdiri atas 58 Unit Bisnis yang dibagi dalam 7 Regional  untuk mengurusi Pembangkitan, Penyaluran (Transmisi) dan Pengaturan Beban, dan Distribusi kepada pelanggan. Dan seiring dengan semakin kompleksnya bisnis ketenagalistrikan yang dijalankan oleh PLN, saat ini PLN juga memiliki beberapa lini bisnis non ketenagalistrikan yang dijalankan oleh 11 Entitas Anak untuk menunjang kegiatan penyediaan tenaga listrik.

Sebagai perusahaan Publik yang harus menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) khususnya prinsip transparansi, maka BUMN berkewajiban untuk mengumumkan ikhtisar Laporan Keuangan kepada pihak Otoritas Jasa Keuangan dan pihak lainnya sesuai waktu yang telah ditetapkan. Salah satu laporan keuangan yang harus dihasilkan tentunya adalah Laporan Keuangan Konsolidasi yang menyajikan posisi keuangan dan hasil operasi untuk induk perusahaan (entitas pengendali) dan anak-anak perusahaannya (entitas yang dikendalikan).

Pembuatan Laporan Keuangan dalam bentuk konsolidasi dari Unit Bisnis dan Entitas Anak saat ini dilakukan secara manual menggunakan tools Ms Excel, dimana file-file Excel tersebut relatif banyak sehingga kemungkinan ketidakakuratan masih bisa terjadi. Tersebarnya data dalam format PLN dapat menimbulkan permasalahan integrasi data, yang pada akhirnya mempersulit proses pengumpulan dan pengolahan data menjadi informasi yang dibutuhkan oleh manajemen dalam mengambil keputusan.

Dalam rangka meningkatkan efektivitas, akurasi dan kecepatan atas pelaksanaan pelaporan keuangan, PLN akan mengembangkan aplikasi konsolidasi laporan keuangan yang akan digunakan untuk menggabungkan laporan keuangan PLN dan Entitas Anak yang dihasilkan dari beberapa aplikasi.

Sebagai momentum awal pelaksanaan proyek implementasi aplikasi konsolidasi laporan keuangan, maka seluruh kegiatan secara resmi dimulai pada 19 Juli 2018, dengan dilakukannya Kick-Off meeting yang dihadiri oleh Plt. Kepala Divisi STI PT PLN (Persero) – Bapak Agus Setiawan, Project Sponsor PLN – Bapak Fatkul Mubin, Project Manager PLN – Bapak Trisunu Bahariadi, Key User Divisi Akunting & STI Holding dan Anak Perusahaan yang ada di Jakarta, untuk Key User dari Anak Perusahaan yang ada di Luar Jakarta dilakukan melalui Video Conference (ViCon), serta seluruh Tim Konsultan dari Rajawali Adikarya.

 

Dengan dimulainya proyek ini diharapkan anggota tim proyek dari kedua pihak dapat bekerja secara bersinergi dan bekerja sama dengan baik demi tercapainya tujuan proyek secara optimal, diantaranya yang paling utama adalah agar proses pembuatan Laporan Keuangan Konsolidasi perusahaan dapat dilakukan dengan lebih cepat, akurat, dan dengan effort yang jauh lebih ringan. Kick off meeting merupakan rapat awal proyek dengan tujuan untuk menyamakan presepsi  diantara semua pihak yang terkait dengan pelaksanaan proyek, menyangkut prosedur dan teknis pelaksanaan proyek. Dan juga sebagai tahap awal dari proses Change Management agar perubahan yang terjadi pada lingkungan bisnis harus dapat direspon secara positif oleh organisasi.