News

Kick-Off Project Implementasi Epicor 10.2 di PT Cahaya Lestari Permai Abadi & Group.

PT Cahaya Lestari Permai Abadi (CLPA) adalah anak perusahaan dari Cahaya Harapan Group, yang dibangun pada tahun 1989. Berawal dari Toko Retail Bahan Bangunan, CLPA bertumbuh menjadi perusahaan distributor nasional berbagai macam merk Keramik ke seluruh wilayah Indonesia. Dalam lebih dari 5 Tahun terakhir ini, CLPA dikenal sebagai perusahaan distributor nasional untuk seluruh wilayah Indonesia untuk produk Homogenous Tiles/Granito Tiles dengan merek Valentino Gress.

Kebutuhan penerapan ERP dirasakan oleh manajemen CLPA dengan didorong dari kondisi bahwa dengan semakin pesatnya perkembangan perusahaan, maka pencatatan dan pengelolaan data secara manual untuk sebagian besar proses bisnis perusahaan sudah tidak lagi memadai, khususnya untuk mendapatkan sejumlah laporan manajemen, laporan performa operasional, serta laporan analitikal. Saat ini CLPA dan Group perusahaannya sudah menggunakan aplikasi stand-alone (Under DOS) di masing-masing perusahaannya sebagai sistem dalam pencatatan di area Finance & Accounting saja, namun sebagian besar transaksi lainnya masih dicatatkan manual berdasarkan  rekapan masing-masing user atau divisi.

Target utama dari Implementasi Epicor di CLPA adalah memiliki sistem terintegrasi yang mencakup area Sales Management, Supply Chain Management , & Finance Accounting Management, sehingga proses analisa dan monitoring data serta informasi yang dibutuhkan dapat dilakukan lebih cepat dan akurat, yang pada akhirnya akan mempermudah personel CLPA dalam proses pengumpulan dan pengolahan data menjadi informasi yang dibutuhkan oleh manajemen dalam mengambil keputusan bisnis, dan menghasilkan laporan keuangan dengan lebih cepat dan akurat.

Sebagai momentum awal pelaksanaan proyek, maka seluruh kegiatan implementasi secara resmi dimulai pada hari Selasa, 17 April 2018, dengan dilakukannya Kick-Off meeting di kantor pusat CLPA. Kick-Off dihadiri oleh Direksi CLPA sebagai Project Sponsor, Project Sponsor RAK, Project Management (RAK dan CLPA), serta anggota tim proyek. Kick off meeting merupakan rapat awal proyek dengan tujuan untuk menyamakan presepsi  diantara semua pihak yang terkait dengan pelaksanaan proyek, menyangkut prosedur dan teknis pelaksanaan proyek. Dan juga sebagai tahap awal dari proses Change Management agar perubahan yang terjadi pada lingkungan bisnis harus dapat direspon secara positif oleh organisasi, supaya organisasi tersebut dapat bertahan hidup dan meraih keunggulan kompetitif.

Dengan dimulainya proyek ini diharapkan anggota team proyek dari kedua pihak dapat bekerja secara bersinergi dan bekerja sama dengan baik demi tercapainya tujuan proyek secara optimal.