News

Go-Live Budget Consumption menggunakan MAXIBU di Kantor Pusat Pegadaian

Go-Live Implementasi Budget Consumption menggunakan aplikasi MAXIBU di PT PEGADAIAN (Persero) Kantor Pusat.

Budgeting adalah suatu rencana yang disusun secara sistematis, yang disusun berdasarkan program, aktifitas, dan asumsi-asumsi sehingga menghasilkan nilai anggaran yang sesuai dengan target perusahaan serta sejalan dengan visi dan misi perusahaan dalam setiap aktifitas yang akan dilakukan diwaktu yang akan datang. Budget berfungsi pula sebagai tolak ukur, sebagai alat pembanding untuk mengevaluasi realisasi kegiatan perusahaan nanti. Dengan membandingkan apa yang tertuang di dalam Budget dengan apa yang dicapai oleh realisasi kerja perusahaan, dapatlah dinilai apakah perusahaan telah sukses bekerja atau kah kurang sukses bekerja.

Proses implementasi sistem e-Budgeting di PT PEGADAIAN (Persero) dimulai pada tahun September 2017 dimana saat itu sudah dihasilkannya RKAP 2018 final yang disusun secara manual. Oleh karena itu implementasi dimulai dengan penerapan Budget Consumption terlebih dahulu untuk mengontrol penggunaan anggaran ditahun 2018 secara real time dan selanjutnya baru akan di imlementasikan sistem Budget Planning pada fase kedua.

Sebagai salah satu ruang lingkup utama project e-Budgeting (Budget Planning & Budget Consumption menggunakan aplikasi MAXIBU) di PT Pegadaian (Persero), pembangunan modul untuk pengendalian dan monitoring penggunaan anggaran (Budget Consumption) sudah mencapai tahap Go-Live, pada Kamis, 1 Maret 2018, untuk seluruh divisi yang ada di Kantor Pusat. Acara go-live ini diadakan setelah diselesaikannya seluruh kegiatan sosialisasi dan training penggunaan apilkasi Budget Consumption oleh tim Konsultan serta tim SPCM yang bertempat di Hotel Ibis Senen Jakarta kepada seluruh Deputi Kanwil dan PIC terkait yang nantinya akan menjadi user aplikasi Budget Consumption.

Kegiatan Go-Live Budget Consumtion Divisi Kantor Pusat ini tersebut diresmikan oleh Direktur Keuangan PT Pegadaian (Persero), GM SPCM, GM Treasury, GM IT, GM Akuntasi dan seluruh pihak yang terlibat dalam proyek maupun Key User dari masing-masing Divisi yang ada di Kantor Pusat. Go-Live system Budget Consumption disepakati oleh kedua belah pihak dimulai dari Kantor Pusat, dengan harapan setelah Kantor Pusat berjalan maka untuk proses implementasi selanjutnya di Kantor-Kantor Wilayah akan berjalan lebih baik karena sudah ada pembelajaran atas penerapan yang sudah berjalan di Kantor Pusat.

Budget Consumption System adalah sistem yang berfungsi untuk mengontrol realisasi kegiatan perusahaan dibadingkan dengan anggaran yang telah disusun sebelumnya. Sebagaimana tujuan utama Budget Consumption ini, setelah Go-Live maka Pegadaian telah resmi mulai menggunakan sistem Enterprise Budgeting System khususnya pada fungsi Budget Consumption menggunakan aplikasi MAXIBU sebagai tools yang sangat powerful untuk mengelola, memproses, dan memonitor penggunaan Anggaran perusahaan per masing-masing Divisi.

Saat ini sistem Budget Consumption telah digunakan secara operational oleh seluruh Divisi yang ada di Kantor Pusat PT PEGADAIAN (Persero) dan tahap selanjutnya akan bergulir ke Kantor-Kantor Wilayah yang ada di seluruh Indonesia. Implementasi yang dalam prosesnya masih berjalan ini menjadi acuan untuk terus mempercepat proses pekerjaan untuk sampai pada Go-Live.

PT Rajawali Adikarya sebagai pihak implementor terus bekerja keras untuk meningkatkan kinerja untuk melanjutkan progress sampai nanti ke tahap Budget Planning menggunakan aplikasi MAXIBU. Selanjutnya, untuk dapat terciptanya kelancaran fase pada project tersebut secara terstruktur, diperlukan proses evaluasi bersama secara reguler atas hasil review dan analisa data dari Divisi, Kanwil Area dan Cabang.